Home » , » Sejenak Melihat "Eksistensi" Zakat di Tengah Masyarakat

Sejenak Melihat "Eksistensi" Zakat di Tengah Masyarakat

Written By Unknown on Rabu, 27 Juli 2011 | Rabu, Juli 27, 2011

Zakat tak ubahnya Malaikat penyelamat, mungkin istilah tersebut tampak sedikit berlebihan namun rasanya cocok untuk merepresentasikan besarnya manfaat nyata zakat bagi masyarakat dari semua kalangan, bukan hanya masyarakat kurang mampu apabila dilakukan secara baik dan benar dalam pelaksanaannya di "lapangan".

Eksistensi Zakat memang bak malaikat penyelamat. Di satu sisi zakat mampu menjadi "malaikat penyelamat" bagi para penerimanya karena dapat bermanfaat dalam pemerataan pendapatan dan kesejahteraan serta pengurangan angka kemiskinan masyarakat. Di sisi lain zakat menjadi "malaikat penyelamat" pula bagi para "pelakunya" karena memberikan dampak yang sangat positif secara spiritual dan agama.

Memang hadirnya zakat dan institusi-institusi pengelolanya tak lantas secara langsung berdampak pada peniadaan kemiskinan di tanah air kita ini. Namun, setidaknya zakat mampu memberikan sedikit titik terang kepada mereka yang hidup di tengah kesulitan ekonomi, terlebih lagi di zaman yang serba sulit dan serba butuh uang seperti sekarang ini.

Hal ini pula yang dirasakan oleh keluarga Ibu Semah. Ibu Semah (44), janda 4 orang anak ini hidup dalam keterbatasan ekonomi, terlebih semenjak ditinggalkan oleh sang suami 10 tahun lalu, yang berprofesi sebagai tukang asinan keliling. Dengan bekerja sebagai buruh cuci harian, Ibu Semah berupaya keras menghidupi keempat orang anak, yang dua di antaranya masih berusia 5 dan 8 tahun. Berawal dari pengalaman saya berinteraksi dengan keluarga Ibu Semah beberapa tahun lalu, saya dapat memahami betapa besarnya manfaat zakat bagi mereka yang membutuhkan, meskipun secara nominal tak terlalu siginifikan.

"Ya saya bersyukur banget bisa dapet zakat tiap tahun, bisa buat nambah-nambah lebaran. Anak-anak yang kecil kan pada minta dibikinin ketupat sama opor kayak orang-orang. Yah, jadi bisa buat nambah-nambahin beli ayam, kan harganya pada naik tuh biasanya." Begitulah kurang lebih apa yang diungkapkan Ibu Semah di hadapan saya beberapa waktu silam.

Dari pengakuan Ibu Semah itulah saya semakin memahami bahwa keindahan zakat dapat dirasakan saat kita menyaksikan langsung kebahagiaan saudara-saudara kita yang menerimanya. Terlepas dari masih banyaknya persoalan di masyarakat yang terjadi saat pelaksanaan atau pendistribusian zakat—seperti adanya insiden pembagian zakat yang masih kerap terjadi hingga memakan korban, keberadaan zakat dan lembaga-lembaga penyalur zakat resmi sangat dibutuhkan guna mewujudkan sedikit saja harapan dari mereka-mereka yang kurang beruntung seperti Ibu Semah.

Terkait pentingnya fungsi zakat di tengah persoalan kemiskinan masyarakat yang makin menggunung, pemerintah dan masyarakat sebaiknya memberikan dukungan penuh terhadap keberadaan lembaga-lembaga resmi penyalur zakat. Dalam hal ini, hendaknya pemerintah semakin aktif mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi mendonasikan zakatnya melalui lembaga-lembaga penyalur resmi. Sementara di sisi lain, hendaknya masyarakat lebih meningkatkan kepercayaannya kepada lembaga-lembaga penyalur zakat agar terbentuk hubungan yang kooperatif satu sama lain sehingga tak akan muncul lagi insiden-insiden zakat ataupun persoalan-persoalan klise lainnya dalam pendistribusian zakat, yang seringkali malah mengorbankan "orang-orang kecil".
Share this article :

15 Your Comment :

  1. Benar setuju sekali, Zakat adalah termasuk ibadah dan salah satu dari rukun islam yang harus kita laksanakan perintahnya. masih banyak yang membutuhkan uluran tangan kita yang mampu kepada pakir miskin dan yang berhak menerimanya, itu lebih baik dari kita pada menghamburkan rezeki berlebih dan tidak ada tujuannya dan pahalanya sama sekali.

    Artikel diatas sangat mencerahkan sobat :)

    BalasHapus
  2. artikelnya bagus mas....
    mank zakat merupakan kewajiban yang wajib kita penuhi, karena tidak dapat kita pungkiri bahwa sebagian dari apa yang kita terima adalah milik mereka, meskipun secara logika kadang kurang bertemu, tetapi yang namanya umat muslim harus setidaknya membagikan atau membersihkan hartanya, atau dengan kata lain bersyukur...

    BalasHapus
  3. mantabs mas bro... pasti menang nih :D

    BalasHapus
  4. Zakat memang sangat dibutuhkan, tidak hanya itu, terkait juga dengan hal-hal lain seperti kewajiban untuk bershodaqoh, sehingga jika orang sudah memiliki kesadaran masing2, hidup akan lebih bermakna buat orang lain yang sedang membutuhkan

    BalasHapus
  5. Zakat kalau di laksanakan oleh semua kaum muslimin yang sudah memenuhi nishab zakat, maka ummat ini akan bisa maju baik ekonomi maupun ukhrowinya.. Nice post..

    BalasHapus
  6. @all semoga dengan membayar zakat dapat membersikah harta kita, thanks all telah memberikan komentarnya :D

    BalasHapus
  7. bayar zakat tempat waktu biar ibadahnya makin abdol. bersihkan harta sucikan hati..:D

    BalasHapus
  8. Bayar zakat + berdoa, jika ingin sukses untuk masa depan.

    BalasHapus
  9. Manfaatkan bazis dikota-kota terdekat, pasti lebih menjamin penyalurannya, benaerkan temen2 ?

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah... dengan zakat semakin bertambah rasa kepedulian kita antar sesama..

    BalasHapus
  11. mas eko, gmn dg artikel kami (zakat.or.id) yg diemail kmrn? ada tanggapan?

    BalasHapus
  12. Menurut pengalamanku dengan zakat rezeki yang didapatkan terus bertambah dan rezeki akan selalu datang tanpa kita perkirakan,,

    BalasHapus
  13. bagus mas. http://fajrin.ngetik.com/

    BalasHapus
  14. dahsyat manfaat zakat jika mampu memberdayakan mustahiq terutama dari golongan fakir-miskin sehingga mampu mengubahnya menjadi muzakki

    BalasHapus

News & Updates

Baca PostingBaca update terbaru via RSS FEED
Baca Lewat e-mailPengertian RSS FEED?

Daftarkan E-Mail Anda untuk Update terbaru Eko Priyanto Weblog's Serta Tips & Trick Web Design!

Follower

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Eko Priyanto Weblog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger